Minggu, 03 September 2017

Kokaro


Assalamualaikum,
Pagi guys....

Goresan Tinta kali ini di awali dengan kata Kokaro apa itu Kokaro,penasaran kan, yuu kita 
bahas bersama Goresan Tinta.  

Kokaro adalah Komunitas Kampung Robot. Wah ada kampung Robot,, pasti itu kampung semua mua nya di gerakkan oleh mesin robot,,,
oupz salah guys !

Kampung Robot adalah sebuah lembaga pengembangan robotika berbasis komunitas, yang sebelumnya bernama Cerdikia kemudian bergabung dan diperdayakan oleh Pulpenmas (Pusat Pelayanan Pendidikan Masyarakat) pada tahun 2010 oleh Arief A. Yudanarko, karena terkesan dengan pengalamannya mengikuti perlombaan robot Robocon 1995 di Osaka Japan ketika masih belajar di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya – PENS bersama rekan satu tim dan dukungan dari Dr. Eng Indra Adji Sulistijono. 

Kampung Robot mengembangkan proyek-proyek robotika dengan sederhana, mudah, dan terjangkau, dengan maksud agar pengalaman membangun robot dapat dimiliki sebanyak-banyaknya oleh anak Indonesia. 

Oh iya guys, untuk menjadi anggota Kokaro tidak dibatasi tetapi dikelompok kan dalam tiga kelompok yaitu kelompok pendukung pelajar dan pengajar. 

Pendukung adalah mereka yang mendukung kegiatan-kegiatan dalam bentuk atau cara yang mereka bisa. 
Pelajar adalah mereka yang belajar bersama di komunitas ini.
Pengajar adalah mereka yang turut mengajar atau menjadi fasilitator pembelajaran.

Pelatihan Robotics yang di mulai dari pukul 08.00 - 15.00 itu membuahkan rancangan bangun robot analog sederhana yakni TARMEN robot Si pengantar permen dan RINA robot Si Penari Sederhana.

Robot ini bernama Tarmen robot si pengantar permen. Tarmen dibuat dari mobil-mobilan yang diberi kaki dipasang pada roda di sisi kanan dan kiri, dan cara kerja robot Tarmen adalah berjalan maju dan mundur,  Tarmen akan maju apabila pada nampan yang dipegang nya diberi suatu benda misalnya permen dan kemudian berjalan mundur apabila permen diambil.
Yang ini RINA guys, Rina merupakan singkatan dari penari sederhana. Dalam bahasa Jawa, 'rina' (dengan 'a' dibaca 'o' seperti pada kata 'belok') berarti siang atau hari sudah terang. Robot RINA dapat menari jika berada di tempat terang atau diterangi. Nah kami fasilitator sekolah alam Jingga tertarik dengan robot si penari sederhana, Yess siapa lagi kalau bukan RINA, insya Allah ke depannya kami akan belajar untuk membuat rangkaian bangun analog robot sederhana RINA bersama sama dengan teman teman sekolah alam Jingga. Done...
Usai sudah Goresan Tintaku, tentang pelatihan Robotics. Matur nuwun sanget buat Bpk. Arief. A. Yudarnako yang telah menyempatkan diri dari Sidoarjo untuk datang dalam event pelatihan robotics fasilitator pada tanggal 26 Agustus 2017, dan buat Sekolah Alam Jingga, Love love so much,,, makasih banyak telah memberikan kesempatan buat kami para fasilitator untuk mengikuti pelatihan Robotics.

Guys,, kalau kalian penasaran sama kampung robot, kalian bisa melihat nya di sini http://kampungrobot.web.id/r1/profil/

Narasumber : Arief A. Yudarnako


3 komentar: